Kamis, 06 Februari 2014

FIFA Pastikan Pakai Teknologi Garis Gawang Ini di Piala Dunia Antarklub & Piala Dunia


Zurich - Puas dengan teknologi garis gawang yang dipakai di Piala Konfederasi 2013, FIFA memastikan lanjut bekerjasama dengan perusahaan penyedia sistem tersebut. Sistem itu kini akan digunakan di Piala Dunia Antarklub lalu di Piala Dunia 2014.

Setelah dinilai sukses di Piala Konfederasi lalu, FIFA mengonfirmasi bahwa perusahaan GoalControl GmbH akan menjadi penyedia resmi teknologi garis gawang pada Piala Dunia 2014. Sebelum gelaran pesta sepakbola dunia tersebut, teknologi dari GoalControl juga akan dipakai di Piala Dunia Antarklub di Maroko 11-21 pada Desember mendatang.

Perusahaan asal Jerman itu sebenarnya telah memenangi tender pada bulan April silam. Namun, kelanjutan kerjasama baru bisa dipastikan usai FIFA mengevaluasi performanya.

Keputusan FIFA ini diambil setelah melakukan evaluasi terhadap performa teknologi "GoalControl-4D" di Piala Konfederasi, di mana sistem tersebut sukses membaca seluruh 68 gol yang tercipta dengan benar, kendatipun tak ada insiden gol yang kontroversial.

Catatan ini diperkuat dengan pengakuan para ofisial pertandingan yang mengaku puas dengan kinerja teknologi tersebut.

"Menyusul implementasi sukses dari teknologi garis gawang (GLT) dalam Piala Konfederasi 2013 di Brasil, FIFA dapat mengonfirmasi bahwa GoalControl GmbH akan menjadi penyedia GLT untuk Piala Dunia 2014 di Brasil," jelas FIFA di situsnya.

Dalam sistem yang digunakan, GoalControl menggunakan 14 kamera berkecepatan tinggi yang dipasang di sekitar lapangan. Kamera ini akan terus merekam sepanjang pertandingan, mengantisipasi terjadinya gol. Sistem ini akan memberikan tanda secara otomatis ketika gol tercipta lewat getaran dan tanda visual di jam tangan ofisial, hanya dalam waktu satu detik.

sumber: http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/10/11/045136/2384133/73/fifa-pastikan-pakai-teknologi-garis-gawang-ini-di-piala-dunia-antarklub-piala-dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar